Archive for Mei, 2010

Tanda-tanda Ketika kamu Jatuh Cinta

Ada beberapa tanda-tanda umum kalo kamu sedang jatuh cinta.. Simak ciri-cirinya berikut ini :

1. Kamu melihat ada sesuatu yang berbeda dalam diri dia yang menarik untuk ditelusuri
2. Merasa ada sesuatu yang menggelitik dari dalam diri kita
3. Suka senyum-senyum atau ketawa-ketawa sendiri nggak jelas
4. Suka curi-curi pandang ke arah target
5. Kalo dia lagi ngeliat ke arah kita, jantung rasanya kayak mau copot
6. Salah tingkah di depan dia
7. Nggak sadar suka mempermalukan diri sendiri
8. Berkeliaran di dekat dia terusss
9. Suka ngelamun
10. Mengkhayal yang indah-indah tentang kamu dan dia
11. Nggak nafsu makan
12. Mendadak jadi insomnia alias susah tidur
13. Isi diarymu seputar dia, dia, dia, diaaaaa terusss
14. Sering dengerin lagu mellow yang liriknya about love melulu
15. Jadi care sama penampilan dan berusaha tampil keren terus di depan dia
16. Seneng banget ngira-ngira lewat ramalan bintang
17. Bentar-bentar ngaca
18. Nyari tahu segalanya tentang dia, termasuk no telpon neneknya
19. Deketin sobatnya, buka akses langsung ke dia
20. Diam-2 motret dia pake HP terus kamu jadiin wallpaper
21. Hobi nulis-2 namanya di setiap lahan kosong yang bisa kamu coretin
22. Pelototin foto dia terusss
23. Jadi ja’im berat kalo di deket dia
24. Badan semerbak mewangi sana sini tralala trilili
25. Kalo dia negur, rasanya kayak kesetrum
26. Bela-belain bangun pagi buat bikin bekal untuk dikasih ke dia
27. Nyimpenin sms dari dia
28. Setia nunggu dia nelpon meskipun dia nggak janji mau nelpon
29. Sok jual mahal kalo dideketin, tapi kalo dia nggak ada kelabakan sendiri
30. Meng-iya kan apapun maunya dia, biarpun kamunya nggak suka
31. Bilangnya Cuma nganggep temen, padahal mau kesengsem berat
32. Pusing mikirin cara gimana ngajak dia nonton setelah sengaja beli tiket dua
33. Rela nyisihin uang jajan untuk beli hadiah ulang tahun dia
34. Nyari kartu valentine paling romantis buat dia
35. Selalu memuji segala hal tentang dia
36. Beli buku-buku psikologi tentang cinta dan dipraktekin satu-satu
37. Satu senyuman dari dia bikin kamu mengira-ngira seribu maknanya
38. Rajin sms-in kabar dia
39. Pura-pura minjem buku padahal kita nggak perlu buku itu
40. Minjemin CD terbaru supaya kamu ada alasan buat ke rumah dia ngambil CD
41. Pas ketemu mata sama dia, muka serasa jadi kayak kepiting rebus
42. Mati-matian nyari topik supaya obrolanmu nggak bisa basi kalo lagi sama dia
43. Mencatat semua tanggal ketemuan, isi obrolan, dan resume-nya di diary
44. Menyukai hal-hal yang dia sukai
45. Jadi teman yang baik dan penuh perhatian saat dia lagi punya masalah
46. Nggak mempedulikan apapun kekurangan dia
47. Nggak bisa ngelupain dia sekalipun dia udah ngecewain berat
48. Bener-bener sedih kalo dia lagi nggak ada
49. Jadi anak paling rajin yang pernah dia temui
50. Saat baca artikel ini, kamu jadi teringat pada seseorang. Pertanda kamu bener-bener lagi jatuh cinta!!!

7 Tanda dia “Falling In Love With You”

Bagi kamu yang sedang kasmaran dan dimabuk cinta, pasti akan sangat membuat hati gundah saat mengetahui ada seseorang yang suka dan cinta sama kamu. Dia begitu baik, dan kamu tahu kalau dia itu suka sama kamu, but… dia sepertinya tidak mau menunjukkan dan “proklamasikan” diri kalau dia memang suka sama kamu.

Saat di kelas atau di kampus dia begitu perhatian tapi ceritanya lain saat kita bertemu dengan dia di tempat umum kayak di mall, atau di tempat nongkrong anak-anak, dia seakan acuh dan acuh atas kehadiran kamu.

Akhirnya kamu bingung sendiri dech, sebenarnya dia itu suka nggak sih sama kamu? jangan-jangan dia hanya ingin mempermainkan hati kamu saja atau bisa juga dia ingin membuat kamu Ge-eR? Daripada kamu bingung, mending kamu ketahui dulu 7 tanda ketika seseorang benar-benar “falling in love” sama kamu, biar kamu nggak salah sangka atau ke-Ge-Eran?

1. Mata tak pernah berdusta
Saat seseorang jatuh cinta sama kamu, bisa dipastikan dia nggak bakalan sedetikpun memalingkan matanya dari menatap kamu. Dia ingin selalu menatap kamu dan mengagumi segala kecantikan dan keindahan yang ada pada kamu. Saat dia berpapasan dengan kamu, dia pasti akan menatapmu dengan tatapan mata yang seolah-olah dia tidak mau kehilangan kamu sedetikpun.

2. Kamu adalah orang terhebat yang pernah dia temui
Saat seseorang benar-benar jatuh cinta sama kamu, dia akan memandang bahwa kamu adalah orang terhebat yang pernah dia temui meskipun kamu sendiri merasa bahwa kamu itu “biasa-biasa” saja, pinter nggak, cantik apalagi? Tapi, emh… dia akan selalu memuji kamu bahwa kamulah orang tercantik di dunia ini yang pernah dia temui.

3. Selalu Siap berada di sisimu, kapanpun dan dimanapun
Sesibuk apapun dia, kalau demi kepentingan orang yang dia cintai, pasti dia akan mencari-cari alasan atau waktu untuk membantu kamu. Dia akan selalu siap, bila kamu membutuhkannya. Tak peduli mau hujan atau harus menyebrang samudera sekalipun, saat kamu memintanya untuk menemani kamu, dia pasti akan selalu siap berada di sisimu.

4. Berbicara pada temannya, kalau dia suka sama kamu
Klise, tapi inilah kenyataan yang sering terjadi. Kamu justru tahu kalau dia cinta dan suka sama kamu dari teman-teman dekatnya, bukan dari dia sendiri. Yups, inilah salah satu trik yang sering dilakukan oleh seseorang yang sedang jatuh, mungkin karena dia takut ditolak atau entah karena dia nggak punya keberanian untuk mengungkapkannya secara langsung, akhirnya dia sedikit “memanfaatkan” teman-teman dekatnya untuk menyampaikan pesan cinta secara tidak langsung kepada kamu. Kalau ternyata respon kamu positif terhadap pesan cinta tersebut, sudah bisa dipastikan dia bakalan lebih PeDe dan berani untuk menunjukkan bahwa dia benar-benar cinta sama kamu.

5. Selalu mengingat apa yang kamu ucapkan
Sebulan yang lalu kamu pernah berkata padanya bahwa kamu ingin belajar tentang cara-cara mengedit foto. Dan pada saat kamu bertemu kembali dengan dia, dia masih mengingat apa yang kamu ucapkan tersebut padahal kamu sendiri, sedikitpun tidak pernah mengingatnya dan dengan antusias dia ingin sekali membantu dan mengajari kamu. Di lain waktu, dia begitu hapal makanan favorit kamu, dan dia juga tahu apa lagu kesukaan kamu. Bila dia benar-benar memperhatikan hal sedetil dan sekecil apapun tentang kamu, sudah bisa dipastikan dia memang benar-benar jatuh hati pada kamu.
6. Selalu tersenyum manis saat bertemu dengan kamu
Dimanapun dan kapan dia bertemu dengan kamu, dia pasti akan menebarkan senyum manis, yang akan membuat kamu merasa nyaman dan enak untuk memandangnya. Dia akan selalu tersenyum pada kamu, dengan senyuman bahagia yang seolah-olah dia telah mendapatkan “miracle” yang begitu besar dalam hidupnya.

7. Dia akan meminta saran dan pendapatmu
Dalam cinta, kita belajar berbagi dengan orang yang kita cinta. Nah, karena alasan itu, saat dia jatuh cinta pada kamu, dia pasti akan meminta saran dan pendapat tentang sesuatu yang begitu penting dalam hidupnya. Dia ingin kamu tahu, bahwa kamu itu mempunyai andil besar dengan kesuksesan yang dia raih.

Learen To Listen To Love

Cinta. Kata yang satu ini begitu universal sehingga setiap orang di belahan bumi mana pun akan langsung mengerti arti kata tersebut saat mendengarnya. Tapi benarkah selama ini Anda sudah benar-benar paham arti cinta dan mendengarkannya? Nyatanya masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan dan mendengarkan cinta. Mungkin Anda adalah salah satunya.

Mengekspresikan sayang ataupun cinta, memang tidak semudah seperti saat Anda menonton sebuah film drama. Cinta pun begitu universal, karena tidak hanya pada kekasih, tetapi juga pada keluarga, teman dan orang-orang terdekat Anda. Seringkali kita mengalami kesulitan untuk mengungkapkannya, terutama jika bukan kekasih Anda.

Hal-hal yang semula ingin diungkapkan sebagai ekpresi cinta, kadang malah keluarnya menjadi simbol atau kata-kata lain yang begitu implisitnya mengandung cinta. Alhasil, orang tersebut tidak menangkap ekpresi cinta Anda dan malahan merasa tidak dipedulikan atau malah tidak disukai. Salah kaprah, hanya karena masalah komunikasi yang terhambat.

Sekilas contohnya, ada saat dimana Anda ingin menyampaikan rasa kuatir pada sahabat yang sudah seperti saudara sendiri karena sudah saling kenal sejak bayi, tapi malu untuk mengungkapkannya blak-blakan. Alih-alih kata-kata ‘I love you’ yang akan sangat terdengar aneh di telinga sahabat dan Anda juga malu untuk mengucapkannya, Anda pasti akan lebih memilih untuk mengatakan, “Hati-hati di jalan, awas ya kalau ngebut-ngebut!”, saat dia menurunkan Anda di pintu gerbang rumah. Padahal maksud Anda, adalah, “Saya tidak mau kamu kenapa-kenapa, karena kamu sahabat yang saya sayang”.

Contoh lain? Flashback sedikit ke masa sekolah. Pernah dimarahi karena pulang terlalu malam oleh ibu Anda? Yang sampai di telinga Anda dan ditangkap serta diproses mungkin hanyalah omelannya. Padahal di balik semua itu, ia hanya ingin menyampaikan bahwa dirinya sangat khawatir dan semuanya karena ia menyayangi Anda, alias “Ibu sangat khawatir, karena ibu sayang dan peduli sama kamu. Kamu sangat berarti buat ibu”. Saat itu, cinta ibu terwujud dalam bentuk omelan yang terdengar sangat menyebalkan.

Cinta memang tidak terbatas lewat serangkaian kalimat manis, tetapi dalam perbuatan dan kata-kata yang kadang tidak enak didengar. Cinta dapat diungkapkan dengan hadiah ulang tahun, pesan-pesan kecil, dengan senyuman, dengan air mata ataupun hanya pelukan kecil yang hangat. Seringkali kita menunjukkan cinta dengan memaafkan orang yang tidak mendengar cinta yang kita sampaikan.

Tidak ada salahnya mencoba MENDENGARKAN CINTA lewat kalimat-kalimat yang dikatakan orang lain. Ungkapan eksplisit itu penting, tapi bagaimana Anda mengungkapkannya bisa jadi jauh lebih penting. Anda bisa lebih peka dengan mencari dan mendengar cinta yang ada di baliknya.

Mendengarkan cinta bisa membuat Anda sadar bahwa dunia ini adalah tempat yang begitu indah dengan orang-orang di sekeliling yang mencintai Anda dengan tulus.

Sahabatku……….!
Di dalam keremangan hidup ini,

aku berjalan mencari arti kehidupan
teringat aku padamu,
Sahabatku……….!
Engkau yang selalu membantu
di dalam mencari arti kehidupan yang sebenarnya
tapi kini
dirimu tla jauh………dan terlalu jauh untuk ke jangkau
Sahabatku……….!
kepergianmu dengan tiba-tiba
sangat ku sesali
mengapakah aku tak tahu ??
setelah aku tahu semuanya

engkau sudah tiada padaku lagi

Pita Hitam

Pita-pita hitam ini kenapa selalu mengikuti aku?
Betapa sedih dan pilunya aku.
Namun tak kurasa seperti dulu.
Aku sangat tak mengerti yang kurasakan.
Betapa sakitnya.

Tuhan, tolong aku.
Ini begitu sulit.
Namun aku yakin bisa melewatinya.

Pita-pita hitam ini terus menhantuiku.
Mengikuti di setiap jejak langkahku.
Dan ga mau berhenti di satu titik saatku lelah sekalipun.

Aku sudah letih
ingin rasanya berbaring sejenak menepis yang kuanggap pilu dan sendu.
Ada apa sebenarnya gerangan di sana?
Hatiku sangat tak tenang mengingatmu.
Ada apa sayang?

Pita-pita hitam itu semakin menggelapkan pandanganku.
Tak peduli akan letihnya aku.
Letih diikutinya berjalan tanpa henti.
Kenapa ia terus mengikuti aku?
Kenapa?

Tuhan, tolong aku.
Aku tak sanggup dengan semua ini.

Kelam dalam mataku,
nanar pandanganku,
ingin rasanya kurobohkan tubuh ini.
Aku tak sanggup Tuhan.

Pita hitam,
tolong,
berhentilah menjejaki kehidupanku.
Berhentilah demi kelangsungannya.

Pita hitam,
sudah cukup panjang kau ikuti perjalanan hidupku,
sudah saatnya kau istirahat dan menepis semua kenang tentangku.
Pita hitam………

Antara Sahabat dan Cinta

kini bibirku tlah beku, tak mampu lagi berucap
mataku tlah terpejam, tak mampu lagi menatapmu
tak sediqitpun keberanianku tuk berhadap denganmu

kau bukan lagi sahabatku yg dulu
sadarkah, sgala yg tlah ku beri slama ni,,
smua itu ku lakukan karena kau sahabatku
namun kau tlah salah mengartikannya

kau fikir ini cinta?? kau salah!!
bagaikan seorang seniman besar
yang tlah berhasil menyelesaikan karya terindahnya
kau pamerkan semua ini pada orang sekitarmu

dengan paras kemenanganmu
kau paparkan bahwa aku mencintaimu
sadarlah,, ini hanyalah rasa persahabatan
bedakan antara sahabat dan cinta

aku hanya seorang teman
yang sekedar ingin menjadi sahabat terbaikmu
namun apa yang kau lakukan
kau hancurkan semua,,

sikap dinginmu yang sengaja kau tunjukkan
sebagai rasa protesmu akan cinta,,
cinta yang sebenarnya tak pernah ada
jauh dalam hatiku,, aku rindu akan dirimu yg dulu

Cintaku dirimu seorang…

Tak kan ada cinta tanpa pengorbanan….
Tak kan ada bahagia tanpa cobaan…
Tak kan ada rindu tanpa perpisahan…
Tak kan ada luka tanpa duka…

Cintaku setulus sang surya slalu menyinari dunia…
Perhatianku kan slalu abadi bagai bintang menemani sang rembulan…
Kukan slalu setia disisimu disetiap malam-malam yang mencekam…
Tulusnya cintaku tak kan dapat diukur bagai dalamnya lautan…

Cinta ini kan slalu abadi tak seperti musim yang slalu silih berganti…
Cinta ini tak kan pernah padam seperti nyala liliin yang akan padam dimakan oleh gelapnya malam…
Cinta ini tak kan pernah pudar seperti goresan tinta yang dimakan oleh waktu…
Cinta ini hanya untukmu,walau kau terlalu sering mencampakanku…

Panasnya gurun pasir takkan melelehkan cintaku padamu…
Terpaan angin topan takkan mengoyahkan cintaku padamu…
Dalamnya lautan samudra tak kan menghanyutkan cintaku padamu…
Rasa cinta ini padamu kan slalu abadi walau raga ini tlah binasa oleh waktu….

Hanya Untukmu

Semakin malam ku semakin terlelap oleh larutnya malam…
Semakin malam ku terhanyut ditemani bintang-bintang…
Wajahmu kan slalu hadir disetiap mimpi-mimpiku…
Hingga kini aku heran mengapa ku sangat ingin mengenalmu…

Apakah ini perasaan cinta ?
Apakah ini perasaan suka belaka ?
Yang ku tahu ku tak ingin berpaling darimu…
Perasaan ini semakin lama semakin tak menentu…

Andai kamu bukakan hatimu untukku…
Ku kan slalu menjagamu seumur hidupku…
Bunga mawar walau berduri akan tetap slalu indah…
Kan kujaga cintaku padamu walau kubanyak menderita…

Dirimu kan slalu damba walau kau slalu berpaling dariku…
Kan kujaga rasa cinta ini walau kau tak mencintaiku…
Kan kupupuk rasa ini walau raga ini tlah layu…
Kan slalu kunanti cintamu hingga akhir nafasku…

Aksi Turun ke Jalan, Duta Jakarta Stop AIDS Buktikan Komitmen Cegah Penyebaran HIV / AIDS

Peringati Hari AIDS Sedunia, 350 Duta Jakarta Stop AIDS dan 500 Karyawan Unilever Turun ke Jalan, Ikuti Aksi Jalan dan Sepeda Santai

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS), sebanyak 500 karyawan PT Unilever Indonesia, Tbk. dan 350 Duta Jakarta Stop AIDS, berkampanye bersama sebagai komitmennya cegah penyebaran HIV / AIDS (29/11). 500 karyawan Unilever bersepeda dari Graha Unilever di Jl. Gatot Subroto menuju Istora Senayan. Sedangkan 350 Duta Jakarta Stop AIDS berjalan dari Istora Senayan – Jl. Asia Afrika – Jl. Pintu Satu Senayan, kembali ke Istora Senayan. Kedua kelompok ini berkumpul dan melakukan kampanye HIV / AIDS yang bertema “Akses untuk Semua” di Istora Senayan, Jakarta.

JSA_WalkAksi turun ke jalan memerangi HIV / AIDS ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Jakarta Pusat Prof.Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H. MSi. dan General Manager Yayasan Unilever Indonesia Sinta Kaniawati, disaksikan ratusan masyarakat.

Sinta Kaniawati mengatakan, “HIV / AIDS adalah persoalan bersama dan tanggung jawab bersama pula untuk memeranginya, karena itu acara ini digelar untuk melakukan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya.Selain meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya HIV / AIDS, program ini juga merangkul penderita AIDS agar mulai berperilaku hidup sehat sehingga bisa tetap hidup berdampingan dengan masyarakat.”

“PT Unilever Indonesia, Tbk., sebagai perusahaan yang sangat peduli terhadap HIV / AIDS, mempunyai misi memberikan vitalitas dalam kehidupan manusia, program ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada edukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, karena Unilever yakin bahwa sehat adalah parameter untuk hidup lebih baik. Dengan aksi jalan bersama ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli dan mencegah penyebaran HIV / AIDS yang bisa mengancam siapa saja,” tambah Sinta.

JSA_sepedaSelain berjalan bersama, para peserta melakukan bersih-bersih di area Istora Senayan dan membagikan bibit pohon kepada masyarakat serta membagikan brosur tentang pencegahan penyebaran HIV / AIDS dari IBCA (Indonesian Business Coalition on AIDS), dimana Unilever merupakan salah satu pendirinya.

PT Unilever Indonesia Tbk,memulai program HIV / AIDS sejak tahun 2003. Program ini dilakukan dalam dua cara, yakni (1) internal, dengan memberikan penyuluhan pencegahan HIV / AIDS kepada karyawan. Unilever merupakan salah satu pendiri IBCA (Indonesian Business Coalition on AIDS), (2) eksternal, program penyuluhan pencegahan HIV / AIDS kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan diantaranya kampanye ”Brani Ngomong Brani Buktiin”, ”Speak Up” yang didukung oleh brand Close Up, Program “Surabaya Stop AIDS”, dan Program ”Jakarta Stop AIDS”.

Puisi Cinta

Puisi Aku Sayang Kamu di semua puisi cinta, Di tema Puisi ini mempunyai arti yang berbeda dimana Puisi Aku Sayang Kamu ini mungkin tak ada artinya bagi siapa yang membacanya. Jika orang itu percaya dengan puisi ku, mungkin itu orang yang bisa melihat keindahan cinta itu bukan kebencian yang dilihat.hehehe…. asal nulis ajaj nih ^_^.

Kesetiaan tak akan memiliki makna apapun jika tidak di rangkai dalam cinta,
sebab cinta itu sendiri adalah wujud kesetiaan yang paling sejati.
Hatiku menolak untuk menyembunyikan rahasia darimu.
Karena semua yang aku lakukan adalah untukmu.

Kamu tahu aku mencintaimu sebagaimana seorang ibu mencintai anak semata wayangnya
dan cinta hanya mengajariku untuk melindungimu.
Jika kamu pejamkan matamu,
kamu akan memahamiku dan segala sesuatu tentangku melalui kedalaman jiwa batinmu.

Aku sangat menginginkanmu,
tuk memahamiku,
dan balahan jiwaku atas segala kondisinya
Biarlah muncul kesatuan di antara kita,

sehingga manakala yang satu manangis,
yang lain merasakan pedihnya.
Aku milikmu satu-satunya.
Jangan perfikir aku datang dari rumah kematian untuk mengunjungi rumah keindahanmu.

Jiwaku tiada mendamba perpisahan. Sebab engkau adalah bagian dari diriku. Mataku tak pernah jenuh memandangmu. Sebab engkau adalah cahaya bagiku.
Dibalik puisi atau kata manis yang membuat Aku sayang kamu

Puisi Aku Sayang Kamu di semua puisi cinta, Di tema Puisi ini mempunyai arti yang berbeda dimana Puisi Aku Sayang Kamu ini mungkin tak ada artinya bagi siapa yang membacanya. Jika orang itu percaya dengan puisi ku, mungkin itu orang yang bisa melihat keindahan cinta itu bukan kebencian yang dilihat.hehehe…. asal nulis ajaj nih ^_^.

Kesetiaan tak akan memiliki makna apapun jika tidak di rangkai dalam cinta,
sebab cinta itu sendiri adalah wujud kesetiaan yang paling sejati.
Hatiku menolak untuk menyembunyikan rahasia darimu.
Karena semua yang aku lakukan adalah untukmu.

Kamu tahu aku mencintaimu sebagaimana seorang ibu mencintai anak semata wayangnya
dan cinta hanya mengajariku untuk melindungimu.
Jika kamu pejamkan matamu,
kamu akan memahamiku dan segala sesuatu tentangku melalui kedalaman jiwa batinmu.

Aku sangat menginginkanmu,
tuk memahamiku,
dan balahan jiwaku atas segala kondisinya
Biarlah muncul kesatuan di antara kita,

sehingga manakala yang satu manangis,
yang lain merasakan pedihnya.
Aku milikmu satu-satunya.
Jangan perfikir aku datang dari rumah kematian untuk mengunjungi rumah keindahanmu.

Jiwaku tiada mendamba perpisahan. Sebab engkau adalah bagian dari diriku. Mataku tak pernah jenuh memandangmu. Sebab engkau adalah cahaya bagiku.
Dibalik puisi atau kata manis yang membuat Aku sayang kamu

Puisi Aku Sayang Kamu di semua puisi cinta, Di tema Puisi ini mempunyai arti yang berbeda dimana Puisi Aku Sayang Kamu ini mungkin tak ada artinya bagi siapa yang membacanya. Jika orang itu percaya dengan puisi ku, mungkin itu orang yang bisa melihat keindahan cinta itu bukan kebencian yang dilihat.hehehe…. asal nulis ajaj nih ^_^.

Kesetiaan tak akan memiliki makna apapun jika tidak di rangkai dalam cinta,
sebab cinta itu sendiri adalah wujud kesetiaan yang paling sejati.
Hatiku menolak untuk menyembunyikan rahasia darimu.
Karena semua yang aku lakukan adalah untukmu.

Kamu tahu aku mencintaimu sebagaimana seorang ibu mencintai anak semata wayangnya
dan cinta hanya mengajariku untuk melindungimu.
Jika kamu pejamkan matamu,
kamu akan memahamiku dan segala sesuatu tentangku melalui kedalaman jiwa batinmu.

Aku sangat menginginkanmu,
tuk memahamiku,
dan balahan jiwaku atas segala kondisinya
Biarlah muncul kesatuan di antara kita,

sehingga manakala yang satu manangis,
yang lain merasakan pedihnya.
Aku milikmu satu-satunya.
Jangan perfikir aku datang dari rumah kematian untuk mengunjungi rumah keindahanmu.

Jiwaku tiada mendamba perpisahan. Sebab engkau adalah bagian dari diriku. Mataku tak pernah jenuh memandangmu. Sebab engkau adalah cahaya bagiku.
Dibalik puisi atau kata manis yang membuat Aku sayang kamu

PERAKITAN PC

Urutan Perakitan PC

Langkah perakitan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Pasang Prosesor pada MB kemudian setting kecepatan clock sesuai dengan motherboard yang digunakan. Kemudian kita lakukan setting jumper pada Motherboard sesuai dengan spesifikasi komponen dan konfigurasi motherboard yang akan digunakan dengan mengacu pada manual book motherboard dan komponen lainnya.
2. Pasang Memory Card pada slotnya dan Pasang VGA Card pada slot ekspansi. Jangan sampai terbalik!
3. Pasang Konektor Power Supply ke Motherboard sesuai dengan aturan pemasangannya
4. Siapkan Monitor dan pasang konektor powernya ke PS dan konektor data ke VGA card.
5. Nyalakan komputer,jika tampilan blank, Lihat troubleshooting 1. jika tampilan BIOS startup muncul lanjutkan tahap selanjutnya :
6. Pasang Hardisk, Floppy Disk, dan CD-ROM. Lihat Aturan pemasangan Installasi Hardisk
7. Pasang Card ekspansi lainya seperti SoundCard, LAN Card, Modem dll. Lihat aturan pemasangan Multimedia card
8. Pasang Konektor Tombol dan Lampu pada casing ke motherboard. Lihat pada manual book motherboard
9. Nyalakan komputer, jika tampilan blank atau error, Lihat troubleshooting 2 . jika tampilan BIOS startup muncul lanjutkan tahap selanjutnya :
10. Tekan Del pada keyboard untuk masuk ke BIOS. Lakukan setting BIOS
11. Siapkan Startup Disk atau Bootable CD
12. Install Operating Sistem
13. Install driver-driver untuk hardware.

Perlu dicatat bahwa penggunaan semua komponen tambahan harus memiliki spesifikasi yang cocok terhadap motherboard. Setelah kelima komponen terpasang, tampilan BIOS akan tampil pada monitor yang menandakan seluruh komponen bekerja dengan baik. Setelah itu baru kita memasang seluruh komponen ke dalam casing komputer. Secara detail, hal-hal yang harus kita perhatikan dalam penginstalan hardware terutama bagi para pemula adalah sebagai berikut :

Saat membeli hardware apapun terutama motherboard usahakan untuk mendapatkan juga Buku Manualnya. karena petunjuk tersebut sangat penting pada saat merakit atau troubleshooting. Baca dulu seluruh isi manual book pada sebelum melakukan perakitan.

Pemasangan Power Supply dan Connectornya

Dalam pemilihan power supply, kita harus perhatikan besarnya daya yang dapat ditampung PowerSupply. di pasaran biasanya rating daya berkisar antara 250 Watt, 300 Watt, dan 350 Watt. Untuk komputer generasi Pentium IV, Pada casingnya sudah tersedia PS dengan daya sebesar 350 Watt. Perhatikan juga setting tegangan kerja sesuai dengan supply tegangan rumah (biasanya 220V-230V).

Saat ini dikenal dua jenis Power Supply yaitu AT dan ATX. Pada PS AT, Bentuk konektor yang menuju motherboard bentuknya terbagi menjadi dua bagian. Dalam pemasangannya tidak boleh terbalik. Untuk memudahkannya, usahakan kabel yang berwarna hitam berada di tengah-tengah konektor. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar konnektor AT

Power Supply ATX dioperasikan secara Semi Otomatis, artinya saat komputer Shut Down, secara otomatis PS mati tanpa kita harus memijit tombol Power. Bentuk konektornya lebih rapih dibandingkan AT dan tidak dimungkinkan pemasangan konektor terbalik. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar konnektor ATX

Setting Jumper pada Motherboard

Di dalam sebuah motherboard kita dapat menemukan banyak sekali jumper-jumper yang fungsinya cukup beragam. Pada bagian ini kita membahas mengenai jumper yang fungsinya mengeset besarnya clock prosesor yang digunakan. Jika kita melihat tampilan kecepatan clock prosesor kita pada saat booting, maka informasi tersebut bukan berasal dari si prosesor melainkan dari motherboard yang telah kita setting jumpernya. Dalam hal ini jumper yang kita gunakan adalah jumper setting FSB(Front Side Bus) dan jumper Ratio/Multiplier/Perkalian. Bentuk, letak, dan kode jumper tadi sangat beragam tergantung jenis motherboard.

Bus Clock/Front Side Bus(FSB)/Frequensi menunjukan besarnya frequensi kecepatan tranfer pada lalu lintas data di bus data pada motherboard, dan digunakan satuan Mhz. Contoh: 55Mhz, 66Mhz, 100Mhz, 133Mhz dsb.

Ratio/Multiplier/Frequensi merupakan faktor pengali atau perbandingan antara kecepatan tranfer data pada prosesor dengan kecepatan tranfer data pada bus data motherboard. Contoh: 1X, 2X, 2,5X dsb.

Prosesor ID = Bus Clock X Ratio
Dengan rumus di atas maka kita mendapatkan besarnya Prosesor ID atau kecepatan nyata prosesor dalam beroperasi. Dalam penentuan Prosesor ID ini, diusahakan sebisa mungkin digunakan Nilai FSB yang paling besar karena parameter ini menentukan kecepatan motherboard dalam transfer data. Penetuan Prosesor ID ini sifatnya coba-coba, jadi tidak ada parameter yang pasti untuk digunakan, jadi kita harus menetes kestabilan komputer pada beberapa settingan kita sehingga didapatkan hasil yang optimal. Jika terjadi kesalahan yang mengakibatkan komputer tidak bekerja secara stabil kita jangan ragu untuk mengubah konfigurasi paramater dan hal tersebut tidak akan merusak prosesor atau motherboard. Perlu dicatat bahwa setting jumper dibatasi oleh kemampuan kerja dari motherboard dan prosesor yang digunakan.

Tabel keterangan mengenai jumper FSB dan Multiplier biasanya kita dapatkan pada badan Motherboard atau buku manualnya.

Contoh Penerapan : Kita membeli Prosesor PI 200 Mhz dan motherboard yang memiliki tabel keterangan jumper FSB dan Ratio sebagai berikut :
JP 1
FSB
1-2
25 Mhz
1-3
50Mhz
2-3
100 Mhz
JP 2
Ratio
1-2 2 X
1-3 2,5 X
2-3 4 X
Untuk mendapatkan Prosesor ID, kita memiliki dua buah alternatif konfigurasi sebagai berikut :

FSB X Ratio = Prosesor ID

1. 100Mhz X 2 = 200 Mhz
2. 50Mhz X 4 = 200 Mhz

Kita harus memilih nilai FSB terbesar, sehingga kita akan memilih alternatif pertama yaitu dengan menghubungkan pin 2-3 pada Jumper JP1 dan menghubungkan pin 1-2 pada JP2. Jika konfigurasi ini tidak stabil, maka kita dapat memilih alternatif kedua.

Pada beberapa motherboard terbaru, setting clock prosesor ini dilakukan tanpa jumper atau jumperless, dimana kita melakukan settingan di dalam BIOS. Settingan ini biasanya tidak bisa melampaui kemampuan prosesor dan motherboard sehingga jarang sekali terjadi kesalahan setting.

Kesalahan setting jumper ditandai dengan gejala sebagai berikut :
– Komputer tiba-tiba hang saat digunakan untuk program yang cukup berat.
– Pada saat booting, tidak ada tampilan yang muncul (blank).
– Tampilan besarnya Clock Prosesor saat booting tidak sesuai dengan besarnya settingan kita.

OverClocking

Pada dasarnya overclocking ini sama dengan setting Prosesor ID, tetapi settingan kita menghasilkan clock prosesor yang lebih besar dari defaultnya. Hal ini sebenarnya tidak selalu berhasil pada jenis motherboard dan prosesor tertentu karena sekali lagi tergantung kemampuan masing-masing. Dapat juga kita jumpai jenis-jenis motherboard yang support pada proses overclocking dimana disediakan setting jumper yang konfigurasinya sangat beragam.

Proses overclocking yang terlalu besar menyebabkan komputer tidak stabil dan selalu mengalami hang pada saat digunakan. Prosentase peningkatan clock ini biasanya tidak dapat terlalu besar dari nilai defaultnya, sehingga dinilai tidak terlalu signifikan dalam meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan.

Installasi Hardisk

Pada saat ini hardisk memiliki kapasitas data yang cukup besar (20 s/d 80 Gigabyte) sehingga untuk mengatur penggunaan dan alokasi kapasitas hardisk, kita membaginya dalam beberapa disk yang disebut Hardisk partition. Dengan mempartisi harddisk kita dapat mengatur penempatan data berdasarkan jenisnya pada tempat yang kita inginkan. Agar harddisk dapat dikenali maka harus ada file sistem yang disimpan pada Track 0 atau disebut master boot record. File sistem ini terdiri dari tiga file (msdos.sys, command.com, io.sys) yang dapat dimasukkan ke harddisk pada saat memformat.

Secara prinsip proses partisi adalah sebagai berikut :

C:\

Primary

D:\

Logical 1

E:\

Logical 2

Extended
Contoh Peta Partisi Harddisk
Kita asumsikan Kotak disamping ini mewakili kapasitas sebuah hardisk. Warna Kuning menunjukkan kapasitas seluruh haddisk awal yang belum dipartisi, kita asumsikan isinya sebanyak 100%.

Kita mempartisi Hardisk menjadi dua bagian yaitu Primary(Biru) dan Extended(Hijau) yang masing-masing besarnya 50%. Disk primary akan secara otomatis dinamai dengan drive C:\ dan dapat langsung digunakan mengisi data. Disk C: ini merupakan disk utama tempat penyimpanan OS atau file-file sistem.

Drive Extended belum dapat digunakan kecuali kita membuat Drive Logical(Ungu dan Oranye). Pada contoh kita membagi dua drive extended sehingga didapat drive D:\ dan E:\ yang kapasitas totalnya sama dengan kapasitas drive extended. Dari contoh kita ambil Logical 1 sebesar 40% dan Logical 2 sebesar 60% dari kapasitas drive extended.

Untuk melakukan instalasi Harddisk, kita asumsikan bahwa kita baru membeli sebuah harddisk. Kemudian kita menjalankan langkah-langkah berikut sehingga harddisk dapat kita gunakan :

1. Pasang kabel data dan kabel power ke harddisk, usahakan memasang harddisk pada konektor Primary Master pada IDE 0
2. Siapkan Bootable CD atau Startup Disk.
3. Saat Booting masuk ke BIOS dan deteksi harddisk terlebih dahulu. Lihat BIOS Setting
4. Ubah Boot Sequence pada BIOS sehingga CD-ROM drive pada urutan pertama jika kita menggunakan Bootable CD, atau drive A:\ pada urutan pertama jika menggunakan startup disk. Lihat BIOS Setting
5. Booting dari A:\ atau CD-ROM drive, pilih option Bootable with CDROM support. hal ini agar kita dapat menggunakan CD-ROM pada DOS.
6. Ketik A:\FDISK untuk mempartisi harddisk.
7. Pilih sistem allokasi haddisk dengan FAT32. Lihat penjelasan mengenai sistem FAT 32
8. Restart komputer sehingga hasil partisi dapat digunakan.
9. Format seluruh drive hasil partisi ( Ketik A:\ format c: /s) untuk memformat primary disk dan mengcopy file sistem.
10. Masukkan CD-ROM master Windows kemudian ketikkan setup untuk menginstall Windows