Archive for April, 2010

“Manusia Setengah Dewa”

URUNKAN harga secepatnya. Tegakkan hukum setegak-tegaknya. Adil dan tegas tak pandang bulu. Pasti kuangkat engkau menjadi manusia setengah dewa. Wahai presiden kami yang baru. Kamu harus dengar suara ini.”

Itulah sepenggal lagu kritik sosial dari Iwan Fals yang masih kontekstual dengan musim Pilpres sekarang ini. Siapapun presiden yang nantinya akan terpilih, harus memiliki platform yang jelas dalam membawa Indonesia ke arah yang labih baik di masa depan. Iwan Fals bukanlah capres, wajar jika untaian kalimat kritisnya itu, dibingkai dalam bahasa indah, makro dan tak perlu dibebani indikator-indiktor kongkret berbasis data.

Lain halnya dengan para capres yang kini sedang membangun politik citra. Megawati, SBY dan JK harus mau dan mampu menjelaskan formula kepemimpinan mereka untuk lima tahun ke depan. Mengedepankan gagasan dan desain kebijakan yang benar-benar berbasis penyelsaian masalah (problem solving) bagi bangsa ini. Jika ucapan mereka hanya berkisar dalam tataran makro, normatif, dan berbumbu yang indah-indah saja, lantas untuk apa para capres itu dicalonkan menjadi “manusia setengah dewa”?

Politik Harmoni

Meski capres di Pemilu 2009 itu ada tiga, namun yang nampak pada Debat Capres pertama Kamis 18 Juni kemarin, justru hanya satu yakni keseragaman. Benar-benar mengesankan dramaturgi di panggung depan (front stage) “tiga untuk satu atau satu untuk semua”, sebuah penerjemahan dari tradisi politik harmoni yang seolah telah melembaga dalam mental siapapun pemimpin nasional kita yang telah, sedang atau pun yang akan berkuasa. Debat tidak dimaknai dalam konteks komunikasi transaksional yang seharusnya membuka diri untuk mengkritik dan dikiritik, setuju dan tidak setuju, sehingga memungkinkan terciptanya dialektika. Melainkan, dibangun di atas fondasi komunikasi interaksional yang lebih mempertahankan kualitas proses daripada kualitas hasil. Sebuah politik keselarasan yang kerap mereduksi nalar dan orientasi pilihan warga masyarakat.

Hanya ada dua kata yang bisa menggambarkan forum debat capres putaran pertama, yakni datar dan membosankan. Anggapan datar merujuk pada situasi forum yang tak menunjukkan kelasnya para “bintang”. Tidak ada gagasan menonjol dan transformasional tercetus di forum itu. Sementara anggapan bahwa debat capres pertama membosankan, karena hampir seluruh capres berada dalam kuadran pemikiran yang senada. Sehingga acara debat tersebut tak akan tercatat dalam sejarah Pemilu negeri ini, sebagai forum yang melahirkan ide, cara pandang dan prilaku politik yang menggerakkan minat politik warga.

Dari fenomena tersebut, yang mengkhawatirkan sesungguhnya adalah mental dan pemikiran dari tradisi yang sama. Sehingga, siapa pun presidennya, tetap akan melanggengkan tradisi kekuasaan yang sudah ada dan biasa berjalan apa adanya. Salah satu dasar sikap skeptis ini, tentu saja adalah forum debat capres pertama, yang tak menghadirkan penanda atau indikator-indikator yang menunjukkan keberbedaan antara satu kandidat dengan yang lainnya.

Ketiga capres itu nyaris seragam dan saling setuju, terlebih pada saat mereka dimintai komentar tentang isu-isu krusial seperti penyelsaian lumpur Lapindo, soal kasus HAM, UU Peradilan Tipikor, perlindungan TKI dan lain-lain.

Kita bisa menengok betapa debat antara Obama dan McCain menjadi menarik sekaligus inspiratif, karena mereka berani terus terang bahwa mereka berdua berbeda. McCain setuju melanjutkan operasi militer di Irak misalnya, sementara Obama sebaliknya akan mengurangi secara bertahap pasukan AS di sana. Obama menjanjikan menggunakan pendekatan dialog dengan Iran, sementara McCain tidak sama sekali. Begitu pun di topik-topik krusial lain, antaralain pemotongan pajak, kebijakan penanganan krisis ekonomi, pengelolaan kesehatan dan lain-lain. Rakyatlah yang menilai program mana yang lebih bagus. Kita bisa menilai bahwa program seorang kandidat itu lebih bagus dari yang lain, tatkala memang ada pemilahan yang jelas. Politik harmoni bukanlah solusi yang tepat saat khalayak memiliki hak untuk tahu apa yang membedakan kandidat satu dengan lainnya.

Negosiasi Kehormatan

Bisa jadi para kandidat tidak mau “bertarung” konsep dan gagasan secara oposisional itu karena dua alasan. Pertama, karena memang kuatnya budaya high context culture dalam tradisi politik para elit. High context culture merupakan kebalikan low context culture. Stella Ting Toomey (1985) mengidentifikasi diantara ciri menonjol dari high context culture adalah gaya komunikasi yang lebih mengutamakan hati daripada otak. Menggunakan gaya komunikasi tak langsung dalam menyelsaikan konflik. Biasanya juga mengutamakan faktor-faktor relasi antarmanusia dan emosi budaya melalui pendekatan human relations. Sebaliknya low context culture itu berorientasi hasil, cenderung melakukan negosiasi yang bersifat linear dan logis. Jika kita perhatikan nampak kerikuhan para elit kita untuk melakukan oposisi biner dalam konsep mereka. Tradisi budaya high context culture ini tidak selalu relevan dengan kebutuhan demokrasi. Contohnya saat rakyat membutuhkan kejelasan program melalui mekanisme debat, maka budaya konteks tinggi ini dapat menghambat atau mereduksi proses dan juga hasil.

Kedua, debat menjadi monoton dan seragam bisa juga disebabkan karena negosiasi kehormatan (face negotiation) yang berlebihan. Masing-masing pihak menahan diri untuk menjaga citra, karena mereka yakin itulah mekanisme pertahanan diri yang efektif. Citra akan terjaga jika tidak mengkritik atau dikritik pihak lain, meski secara substansi bahkan prinsipil mereka sangat berbeda. Ini semua tentu saja harus dihindari dalam kesempatan debat capres tanggal 25 Juni dan 2 Juli. “Manusia Setengah Dewa” yang diharapkan Iwan Fals dalam liriknya adalah pemimpin yang mampu mengurai benang kusut permasalahan negeri ini melalui kinerja yang kongkrit, jelas, terukur dan terencana. ***

Tulisan ini pernah dimuat di Harian Pikiran Rakyat, 22 Juni 2009

Penulis adalah Dosen Komunikasi Politik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta dan Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute

Tips Trik Windows

Menempatkan teks pada systray

Cara menempatkan teks pada systray di taskbar mungkin udah pada tahu
tapi cuman nyampe 8 karakter doang. Nah, dengan trik berikut lo bisa buat
lebih dari itu.

Pertama buka registry pada key “HKCUControl PanelInternasional”

Cari string value “s1159” dan “s2359” [kalo belom ada buatlah..:-)]

Isi nilai value tersebut dengan string yang pengen lo tampilin dan
tutup registry.
Untuk melihat perubahannya tekan Ctrl+Alt+Del lalu sorot Explorer dan
klik EndTask.
Bakal muncul dialogbox shutdown, klik cancel.

Memproteksi file

Protect file atau folder dengan cara nge-rename file atau folder
tersebut dengan menggunakan alt + 255 (atau dengan karakter lainnya yaitu alt + kombinasi angka) ada kelemahannya yaitu file tersebut masih bisa dilihat di lingkungan windows 9x sebagai ‘__’ yang akan membuat orang yang melihat penasaran atawa ingin tahu.

Agar tidak dapat dilihat atau berupa hidden file caranya rubah nama
filenya ( misal nama filenya adalah coba maka dari DOS ketikkan : “ren
coba (alt+255) baru ganti attributnya dengan hidden dari DOS (bukan
windows). Untuk membuka kembali atau menembusnya dengan mudah dapat digunakan Norton Commander ….. yaitu bila sudah masuk ke NC tekan tombol F6 dan ganti aja nama file yang katanya nggak kelihatan tadi.

Memproteksi folder dengan password

Anda punya data penting dalam suatu folder dan ingin folder tersebut diproteksi dengan password ? Ini caranya :

1.Klik-kanan pada tempat kosong disamping folder yang akan diproteksi,
kemudian pilih CUSOMIZE THIS FOLDER ,kemudian pilih CREATE HTML
DOCUMENT FOR THIS FOLDER.
2.Kemudian anda akan masuk ke Notepad, Gulung layar sampai melihat
script <script language=”JavaScript”> setelah itu tekan [ENTER]
untuk menyisipkan baris setelah string. Sekarang masukkan perintah
ini :
var pass = prompt(“Enter the password”) [tekan ENTER]
if(pass != “PASSWORDANDA”)[ Tekan ENTER]
{window.location=”C:”} [Tekan ENTER]

Catatan:Tulis Password Anda

3.Simpan dokumen anda
4.Refresh atau tekan F5 Explorer
5.Selesai dan lihat hasilnya…..:-)

Menembus Proteksi PC Security TM

Kalau kamu penggemar software-software proteksi buat windows, kamu pasti kenal dengan software yang satu ini. PC Security adalah software proteksi untuk file-file, sistem, boot dan lain-lain yang dilengkapi dengan fiture-fiture proteksi yang menarik. Untuk dapat masuk dan merubah setting proteksinya, kamu harus ident sebagai administrator PC security dan untuk ini akan dimintai password. Agar kamu bisa login tanpa melewati password, caranya cari file yang namanya sdeamon.exe dan winwd.exe yang merupakan file bawaan PC Security TM, file ini dihidden dari windows, jadi masuk lewat DOS. Biasanya letaknya di direktori c:windows atau c:windowssystem. Delete kedua file ini dan kamu akan bisa masuk ke PC Security TM dengan mudah dan merubah settingnya tanpa dimintai password. Selamat mencoba ….



Membuat startup disk Win 95/98 (Pengirim : Liza)

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu tidak akan pernah memakai startup disk. Selama Windows kamu OK, pendapat tersebut benar. Tapi kalau Windows kamu mulai rewel apalagi sampai nggak bisa buat booting, kamu pasti kelabakan :-(. Nah, sebelum hal tersebut menimpa kamu, kamu mesti mempunyai startup disk buat berjaga-jaga jika Windows kamu ngadat. Caranya dari Control Panel pilih Add/Remove Programs. Pindah ke tab Startup Disk. Masukkan disket dan klik Create Disk. Tunggu sampai proses selesai sebelum mengklik OK. Nah simpan disket tersebut buat berjaga-jaga bila Windows kamu bermasalah.

Memperkecil ukuran icon desktop

Anda mungkin senang meletakkan berbagai icon pada desktop bahkan mungkin hampir semua aplikasi punya icon pada desktop. Tetapi jumlah icon yang terlalu banyak tentunya akan membuat desktop kita kurang enak dipandang, apalagi kalau sampai menutupi gambar pd background. Ada satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara memperkecil ukuran iconnya. Caranya klik kanan pada desktop, pilih Properties. Pindah ke tab Appearance. Pindah ke kolom item dan pilih Icon. Ubah nilainya yang terletak di sebalah kanan yaitu pada bagian size. Kalau sudah klik OK dan restart Windows kamu.

Protect File & Folder

Anda menginginkan folder yang benar benar pribadi dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak? di windows9x anda? masuklah ke lingkungan dos, masuklah ke direktori tempat folder yang ingin anda “kunci” misal: folder yang ingin anda kunci bernama “test” (tanpa tanda kutip) dan diletakkan di direktori C: maka masuklah terlebih dahulu ke direktori C, pada dos prompt anda, selanjutnya ketikkan perintah: ren test.* test(alt-255).* keterangan: alt-255 maksudnya, tekan tombol alt, sambil menekan angka 255 pada angka angka di bagian numlock. ingat, bukan angka angka di bawah tombol F1 – F12 bawah numlock, trik ini juga dapat dilakukan terhadap file. dengan trik ini, folder / file yang telah anda kunci tidak akan dapat dimodifikasi dalam lingkungan windows (baik dibuka, rename, maupun delete) untuk mengembalikan folder/ file menjadi normal, ketik: ren test(alt-255).* test.*

Variasi bagi prompt DOS

Pengen prompt DOS yang lebih bervariasi ? Caranya mudah saja. Pertama klik Start – Run. Ketikkan sysedit, enter. Buka file config.sys. Tambahkan baris Device=c:windowscommandansi.sys. Buka file autoexec.bat dan tambahkan Prompt $e[s $e[1;1h$e[36m$d $e[K$e[7m$e[1;34H Path $p $e[1;67H$e[0m$t$e [u$e[1mPerintahku:$e[0m. Restart dulu untuk melihat perubahannya.

Bug pada Windows 98

Ternyata Windows 98 menyimpan sebuah bug kecil yang biasa disebut minor cosmetic bug. Nggak percaya ? Cobain yang ini : klik kanan pada desktop, pilih New – Shorcut. Lihat pada gambar di sebelah kiri, di sana tertulis Windows 95. Padahal ini khan Windows 98. He .. he ..he, mungkin anak buahnya Bill Gates lupa.

Koleksi icon pada Windows

Pengen mencari icon-icon baru buat shortcut ? Coba cari pada file PIGMGR.DLL, SYNCUI.DLL, SYSTRAY.EXE, AWFEX32.EXE, PROGRAM.EXE dan MORICONS.DLL. Masing-masing file menyimpan beberapa icon yang mungkin menarik menurut kamu.

Easter egg pada Solitaire dan Minesweeper

Tulisan ini gue dapet entah dari mana, gue lupa. Yang jelas ini adalah tips buat mendapatkan easter egg pd Solitaire dan Minesweeper, game bawaan Windows.

MS Solitaire
In turn 3 cards over mode, you can turn over only one card at a time by holding down Ctrl+Alt+Shift

MS Minesweeper
1. Hold down the Shift key and type XYZZY
2. Release Shift and then press it again. Now whenever your cursor is over the top of a mine, the top left pixel on your screen shows as a black dot.

Mengcopy dari Dos Prompt

Suatu saat kamu mungkin ingin melakukan copy tampilan text yang ada pada Dos Prompt. Untuk itu ikuti tips berikut :

  1. Klik icon Mark yang terletak pada toolbar Dos Prompt.
  2. Pilih area yang ingin Anda copy dengan melakukan drag.
  3. Tekan icon Copy.
  4. Setelah itu Anda dapat melakukan Paste, misalnya pada Notepad, MS Word, dll.